December 16, 2008

Facebook Note Vs Blog

Menulis merupakan kegiatan asik, seru, terkadang sekedar iseng yang senantiasa dilakukan banyak orang, dengan sadar ataukah tanpa disadari.Apa yang dituangkan dalam tulisan juga bisa beraneka ragam.Mulai dari hal-hal serius layaknya tulisan ilmiah, artikel, berita atau sebuah buku.Bisa juga goresan sebuah benih karya seni, berupa novel, drama, skenario, cerpen ataukah sekedar sebait puisi. Atau bahkan beberapa baris kalimat yang mewakili sebuah ide yang terlintas di kepala di tengah arena rutinitas meeting.

Menulis pada hakekatnya adalah menuangkan sebuah ide dalam bentuk tulisan, apa pun jenis & format tulisan tersebut. Sejak kecil saya dikenal sebagai anak yang pediam (kalo lagi gak ngomong hehe...), lebih banyak berpikir mencari korelasi tentang banyak hal dan bicara dalam hati.Ketika sudah kenal alfabet, mulai bisa merangkai huruf jadi kata & memilih kata diatur jadi kalimat, maka ketika itu lah saya kenal dengan kegiatan menulis.

Sejak kenal kegiatan menulis itu pula saya mulai menumpahkan isi kepala & aneka emosi di hati dalam buku diary. Buku yang saya sebut diary ini punya metamorfosa yang unik, dimulai dari halaman belakang buku-buku catatan sekolah (that's why I never lent it to anybody else hehe), lalu mulai sedikit kreatif memanfaatkan sisa buku catatan sekolah yang masih ada lembar kosongnya. Kemudian mulai sengaja beli buku kosong, khusus untuk diary. Tapi gak pernah beli buku khas diary apalagi yang ada judul DIARY, karena akan memancing rasa ingin tahu orang lain untuk iseng2 baca. Diary saya selalu berwajah sederhana sehingga tidak menarik perhatian & rasa ingin tahu orang lain. Jadi gak perlu dikunci segala atau diumpet-umpetin hehe...

Saya juga punya kebiasaan untuk tidak menyimpan buku diary lebih dari setahun.Membaca ulang isi diary pada bulan terakhir setiap akhir tahun, awalnya ini hanya sekedar rutinitas mengasikkan. Tapi belakangan menjadi media refleksi diri, kaledoiskop aktivitas setahun yang lalu, lalu membuat rencana baru untuk tahun depan. Lalu tibalah ceremonial memusnahkan diary pada detik pergantian tahun. So, I always have my own personal party every year hehe...

Beberapa tahun yang lalu, orang2 ramai bikin blog, sejenis diary online dan di share ke temen2 di alam maya. Setidaknya dengan blog mereka sudah melakukan kegiatan rutin menulis, layakya sebuah diary.Blog merupakan sebuah fenomena yang bagus juga, mengingat ada banyak orang yang mengeluh kesulitan menuangkan ide2 nya dalam bentuk tulisan :-)Sayangnya saat itu saya tidak tertarik untuk ikut2an latah bikin blog juga, walau pun tujuh tahun yang lalu saya pernah coba bikin personal homepage ketika saya masih berstatus mahasiswa di Bandung. Hanya untuk bisa upload cerpen2 & puisi2 yang saya tulis....

Belakangan saya kenal facebook, ternyata ada juga tempat menuangkan tulisan yaitu: NOTE, tempat dimana saat ini saya sedang menuliskan sesuatu untuk teman2 baca hehe...

Baik facebook note maupun blog merupakan pilihan buat saya untuk memaksimalkan kegiatan menulis saya, tidak hanya sebatas diary atau laporan hasil pekerjaan saja. Untuk itu saya membuat perbandingan antara Facebook Note dengan Blog.

Facebook Note:
- mudah dibuat tanpa harus repot bikin acct baru.
- simple tanpa harus repot bikin bacground.- bisa jadi media untuk membudayakan kegiatan menulis.
- bisa memberikan "sesuatu" bagi temen2 di facebook jika yang ditulis itu bermanfaat buat orang lain.
- bisa bikin sesuka hati, kalo pas ada waktu saja, tanpa kewajiban untuk update isi note.
- pembaca nya terbatas hanya teman2 di friend list, network facebook saja atau yang dikirimi via email.

Blog:
- mesti bikin acct baru di suatu domain, cukup repot tapi tentu ada hal baru yg bisa dipelajari di sini.
- melatih kreativitas dengan menuangkan ide2 untuk membuat blog itu menjadi menarik.
- mesti sediakan waktu untuk senantiasa update isi blog.
- menuliskan sesuatu yang berguna tentu juga akan memberi manfaat bagi yang baca.
- pembacanya tidak terbatas pemilik acct di domain yang sama saja tapi bisa siapa pun.

Well, teman2 bisa bantu saya menjawab pertanyaan ini:Perlukah saya bikin blog juga sekarang ataukah cukup facebook note saja untuk mengapresiasikan tulisan saya yang jelas kualitasnya belum begitu baik? :-)

@nita

1 comment:

  1. Mbak, saya Yuli dari Facebooknya Mbak. Maap baru sempet ngasih komen, hehe.
    Di FB, Mbak bisa import semua tulisan di blog Mbak, sekitar satu jam gitu setelah post di Blog biasanya dia akan impor langsung ke FB..
    Menurut saya dua2nya sama pentingnya, kalo memang suka menulis mah.. Kalo FB sih lebih buat biar bisa dibaca temen2 aja kali yah, blog kan masih belum rada rame..

    ReplyDelete